Suka Kuis? Kita nostalgia yuk..

Posted: 27 Juni 2012 in dunia 90-an

Pasti diantara para pembaca ada yang suka sama kuis kan?

Apalagi yang beruntung bisa menikmati acara televisi era 90-an yang begitu banyak acara kuis dengan beragam konsep. Tapi sebenernya apa sih kuis itu? menurut KBBI, kuis mengandung beberapa pengertian yakni

1. ujian lisan atau tertulis yg singkat;

2. acara hiburan dl radio atau televisi yg berupa perlombaan adu cepat menjawab pertanyaan; cepat tepat; cerdas cermat;

3. (dl majalah) daftar pertanyaan sederhana yg berhadiah (kadang-kadang mengandung promosi dagang)

namun bukan itu yang akan kita bicarakan di artikel ini…

Kenangan-kenangan akan semaraknya acara kuis pada era 90-an dan awal 2000-an seakan tidak berbekas pada jaman sekarang yang tergerus akan industri musik yang semakin merajalela.

Jargon-jargon terkenal yang mampu melambungkan nama kuis tersebut sekarang membuat kita merasa rindu akan hadirnya acara-acara kuis pada masa sekarang. Siapa yang tidak tahu dengan nama Sonny Tulung, Jaja Miharja, Jeffry Waworuntu, Pepeng, dan masih banyak lagi.

Biar nggak kelamaan lagi, kita simak aja yuk..

 

1. Kuis Family 100

“Survey membuktikan”… Pekikan suara dari penyiarnya yakni Sonny Tulung begitu khas menghiasi layar kaca kala nilai dari jawaban akan dimunculkan. Ya, kuis ini begitu digemari oleh masyarakat Indonesia terutama bagi para keluarga yang memang senang berkumpul di rumah kala malam hari. Dengan membawa konsep para peserta adalah 2 tim yang masing2 terdiri dari 1 keluarga membuat kuis ini sangat digemari walaupun pada episode2 berikutnya tidak begitu mengutamakan anggota tim harus dari 1 keluarga, namun tidak mengurangi antusiasme para penonton menyaksikan kemeriahan kuis ini. Acara ini ditayangkan sejak tanggal 1 April 1996 sampai 28 November 1998 (ANTV), 5 Juli 1999 sampai 29 Agustus 2004 (Indosiar), dan 22 November 2004 sampai 25 Februari 2005 (TV7)

 

2. Berpacu Dalam Melodi

Acara ini dibawakan oleh Koes Hendratmo, ditayangkan di TVRI pada tanggal 20 Desember 1988 sampai 31 Januari 1998, setiap Selasa dan Kamis selama 6090 menit; kemudian ditayangkan di Metro TV pada tanggal 29 Desember 2000 sampai 22 Januari 2005 setiap JumatSabtu selama 90-120 menit, tetap dengan pembawa acara yang sama. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam kuis ini berkisar mengenai lagu, terutama dari era dekade 1950-an sampai 1980-an.

 

3. Kuis Dangdut

“Apaan tuh..” Ucapan yg sering dilontarkan H. Jaja Miharja ketika iklan mau lewat. Kuis yang ditayangkan di stasiun tv TPI merupakan sebuah kuis yang memadukan musik dangdut dengan pertanyaan-pertanyaan berhadiah. Dengan pembawaan Jaja Miharja yang slengek’an dan humoris bahkan terkadang marah-marah membuat kuis ini mempunyai ciri khas. Apalagi ketika memasuki babak dimana para peserta bergoyang sesuai alunan lagu dan harus berhenti bergoyang ketika music juga berhenti.

 

4. Kata Berkait

Kata Berkait merupakan sebuah acara kuis Indonesia yang disiarkan RCTI. Acara ini ditayangkan setiap hari SeninJumat, sejak tanggal 2 Oktober 1995 sampai 28 Desember 2001. Berisi acara yang berhubungan dengan permainan kata-kata dan mengudara selama 30 menit. Kuis ini dipandu oleh Nico Siahaan yang langsung melejitkan namanya di industry infotainment.

 

5. Apa Ini Apa Itu

“Apakah aku, aku adalah……” Awalan pertanyaan yang cukup terkenal pada masa itu. Jeffry Waworuntu merupakan presenter paling terkenal dalam membawakan kuis ini. Dengan gaya bicaranya yang khas membuat para pecinta acara kuis tidak sabar untuk menunggu waktu siang hari sembari menyantap hidangan siang. Dalam acara kuis ini, 3 kontestan saling berkompetisi menebak sebanyak-banyaknya tampilan pada layar monitor besar dengan benar. Kuis Apa Ini Apa Itu? ditayangkan di RCTI pada dekade 1990-an dan 2010-an.

 

6. Kuis Piramida

Piramida adalah acara kuis Indonesia yang ditayangkan di RCTI setiap SeninJumat selama 30 menit, sejak tanggal 30 Oktober 1995 sampai 29 Desember 2000. Kemudian acara ini bereinkarnasi menjadi Piramida Baru yang (tetap) ditayangkan di RCTI (20012003). Pembawa acara yang terkenal kala itu adalah Ronny Sianturi

 

7. Rahasia Keluarga

Rahasia Keluarga adalah salah satu acara kuis Indonesia. Dalam acara ini, 3 kontestan yang merupakan keluarga (terdiri dari ayah, ibu, dan 2 anak) akan saling adu ketepatan dalam mengungkapkan rahasia seputar kehidupan mereka. Kuis Rahasia Keluarga ditayangkan di RCTI sejak tanggal 2 Oktober 1994 sampai 6 Desember 1998, setiap hari Minggu pukul 18:00-18:30 WIB (kemudian menjadi setiap Minggu pukul 09:30-10:00 WIB). Acara ini dibawakan oleh Iszur Muchtar.

 

8. Tak Tik Boom

Tak Tik Boom adalah salah satu acara kuis Indonesia ciptaan Ani Sumadi. Dalam acara ini, 2 kontestan saling adu pengetahuan dan strategi. Acara ini ditayangkan di RCTI, pada dekade 1990-an dan 2010-an. Acara ini awalnya dipandu oleh Dede Yusuf sebelum diganti oleh Charles Bonar Sirait ataupun Arie Untung.

 

9. Kuis Digital LG Prima

Digital LG Prima adalah sebuah acara kuis Indonesia yang disponsori oleh LG Electronics. Dalam acara ini, 4 orang siswa kontestan yang merupakan perwakilan dari SMA masing-masing akan berkompetisi untuk meraih hadiah utama berupa uang tunai US$32.000,00 di akhir musim. Kuis Digital LG Prima ditayangkan di Indosiar sejak tanggal 6 Mei 2000 sampai 28 Agustus 2004 setiap Sabtu pukul 14:00-15:00 WIB. Acara ini dibawakan oleh Iszur Muchtar dan Shahnaz Haque.

 

10. Kuis Siapa Berani?

Siapa Berani? adalah sebuah acara kuis Indonesia ciptaan Helmy Yahya. Acara kuis ini dibawakan oleh Helmy Yahya dan Alya Rohali, dan pernah dibawakan oleh Iszur Muchtar, Edwin Manangsang, Becky Tumewu, dan Debby Sahertian. Kuis Siapa Berani? ditayangkan sejak 3 Juli 2000 hingga 30 Desember 2005 dan ditayangkan di Indosiar setiap SeninJumat pukul 08:00-09:00 WIB. Acara ini juga pernah memperoleh penghargaan Panasonic Awards tahun 2001 dan 2002 kategori acara kuis dan game show terfavorit.
Kuis ini pernah memperoleh penghargaan rekor MURI, karena selama ≥750 episode, kuis ini telah mengumpulkan ≥750.000 peserta.
Selanjutnya, kuis ini bereinkarnasi menjadi Siapa Lebih Berani? (RCTI, 2009), dan Siapa Paling Berani? (ANTV, 2011).

 

11. Kuis Who Wants To Be A Millionaire

Who Wants to Be a Millionaire? adalah sebuah kuis di televisi yang menawarkan hadiah uang tunai dalam jumlah besar untuk peserta yang bisa menjawab 15 soal pilihan ganda. Acara ini pertama kali ditayangkan di Britania Raya pada 4 September 1998. Formatnya telah dilisensikan ke banyak stasiun televisi di lebih dari 100 negara. Untuk di Indonesia kuis ini dibawakan oleh Tantowi Yahya

 

12. Kuis Jari-jari

“Jari-jareee…” Sapaan khas dari pembawa acaranya yakni Pepeng. Merupakan telekuis pelopor di Indonesia. Hanya dengan durasi sebentar, kuis ini memakai konsep dengan mengajak para pemirsa di rumah untuk menjadi peserta dengan cara menghubungi nomor telepon yang telah disediakan.


13. Kuis Kontak

Kontak adalah sebuah kuis Indonesia yang ditayangkan di RCTI sejak tanggal 11 Januari 1999 sampai 31 Januari 2003 setiap SeninJumat pukul 14:00-14:30 WIB. Dalam acara ini, 2 pasang kontestan saling adu daya konsentrasi dalam menjawab suatu pertanyaan. Acara ini dibawakan oleh Addo Febryanto, yang kemudian digantikan oleh Ferdy Hassan hingga tamat.

 

14. Komunikata

Komunikata adalah sebuah kuis Indonesia berdasarkan lisensi Hot Streaks milik FremantleMedia sejak tanggal 25 September 2000 sampai 30 September 2005 di TPI (sekarang MNCTV). Dalam acara ini, 2 kelompok kontestan saling adu kemampuan berkomunikasi dan berkata-kata. Acara ini dibawakan oleh Isam Surentu yang kemudian digantikan Indra Bekti pada 4 bulan terakhir penayangannya. Kuis ini kemudian bereinkarnasi menjadi Katakan Katamu (ANTV, 20102011). Selama balapan Formula Satu di TPI, kuis ini ditayangkan sebelum acara balapan untuk seri Eropa dan Timur Tengah.

 

15. dll…

 

Sebenarnya masih banyak lagi acara kuis yang cukup menarik di era 90-an sampai awal 2000-an. Ya, untuk mengenang acara-acara tersebut memang kita hanya bisa bernostalgia di dunia maya saja.. hihihihi..

Jadi, apa kuis favorit kamu?

 

dikutip dari berbagai sumber

Komentar
  1. Reza Tanaka mengatakan:

    Ane pling sk ama kuis kontak…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s