Suka Band lawas? Masuk yuk..

Posted: 28 Juni 2012 in dunia 90-an, dunia musik

Industri musik di Indonesia merupakan lahan yang cukup menggiurkan bagi banyak orang hingga saat ini, berbagai macam warna musik menghiasi belantika musik tanah air. Apa yang sedang hits pada suatu masa pasti juga akan diikuti oleh orang lain demi kepentingan pasar yang memang banyak digandrungi masyarakat saat itu seperti demam boy band dan girlband di era sekarang. Tidak banyak grup band ataupun penyanyi yang bisa bertahan selama puluhan tahun sampai sekarang mengingat begitu ketatnya persaingan di industri musik tanah air. Bahkan banyak diantaranya bubar karena tidak mampu mempertahankan eksistensi mereka. Oleh karena itu, untuk mengenang beberapa grup band musik tanah air yang pernah muncul dan berjaya di era 1990-an bisa simak gambar2 berikut ini..

 

1. Java Jive

Java Jive adalah grup band Indonesia yang didirikan di Bandung, Jawa Barat dengan digawangi oleh Capung, Noey, Tony, Edwin, Fatur, dan Danny. Grup band ini dibentuk pada tahun 1993.

Awalnya, grup band asal Bandung ini dibentuk pada tahun 1989 oleh oleh sekelompok anak muda yang duduk di bangku SMA Negeri 2 Bandung. Edwin Saleh (dram) dan Noey (bas) sepakat membentuk grup band dengan nama Java Jive yang diambil dari salah satu judul lagu kelompok vokal Manhattan Transfer. Setelah beberapa lama mencoba, Java Jive pun membentuk formasi lengkap dengan masuknya Micko (gitar), Tony (kibor), Fatur (perkusi/vokal), Danny (vokal) dan Neta (vokal). Sayang, pada tahun 1991, Neta, satu-satunya perempuan dalam Java Jive keluar, diikuti oleh Micko yang akhirnya bergabung dengan Protonema. Posisi Micko pun diganti oleh Capung.

Formasi inilah yang akhirnya membawa Java Jive mendapat kontrak pertama dari Musica Studio’s pada tahun 1993, dan solid hingga sekarang. Lagu “Kau Yang Terindah” dari album pertama mereka langsung melejitkan nama Java Jive.

 

2. Kahitna

Kahitna, grup musik asal Bandung, Indonesia, dibentuk pada tanggal 24 Juni 1986 dan dimotori oleh Yovie Widianto (kibor). Walaupun kerap mengusung tema cinta dalam liriknya, Kahitna terkenal bisa memadukan unsur musik jazz, pop, fusion, latin dan bahkan etnik ke dalam bentuk ramuan yang memikat. Grup musik yang mulai merajut kariernya lewat panggung festival dan cafe ini diakui mempunyai kekuatan pada aransemen musiknya yang terbilang orisinil.

 

3. Stinky

Grup musik ini digawangi oleh Andre Taulany (vokal), Edi (drum), Nanno (gitar), dan Irwan (bas) Ndank (Gitar). Stinky telah berkiprah sejak pertengahan tahun 1990an. Stinky telah merilis 8 album di luar The Best Of Stinky dan Love Song Of Stinky. Album teranyar mereka bertajuk Pecinta Sejati dirilis tanggal 19 Mei 2007. Saat ini, lagu-lagu milik Stinky telah diarransement oleh grup musik papan atas seperti lagu Jangan Tutup Dirimu diarransemen dalam bentuk aliran pop rock oleh grup musik Kastil pada tahun 2008 dan lagu Mungkinkah diarransement dalam bentuk aliran rock oleh grup musik Last Child pada tahun 2011.

 

4. Dewa 19

Dewa 19 adalah sebuah grup musik yang dibentuk pada tahun 1986 di Surabaya, Indonesia. Grup ini telah beberapa kali mengalami pergantian personel dan formasi terakhirnya sebelum dibubarkan pada tahun 2011 adalah Ahmad Dhani (kibor), Andra Junaidi (gitar), Once Mekel (vokal), Yuke Sampurna (bass) dan Agung Yudha (drum). Setelah merajai panggung-panggung festival di akhir era 1980-an, Dewa 19 kemudian hijrah ke Jakarta dan merilis album pertamanya pada tahun 1992 di bawah label Team Records.

Grup ini telah meraih kesuksesan sepanjang dekade 1990-an dan 2000-an melalui serangkaian lagu-lagu bergenre rock dan pop. Album yang mereka rilis nyaris selalu mendapat sambutan bagus di pasaran, bahkan album mereka yang dirilis tahun 2000, Bintang Lima, merupakan salah satu album terlaris di Indonesia dengan penjualan hampir 2 juta keping

 

5. Base Jam

Base Jam adalah grup band anak muda yang terbentuk pada 15 Januari 1994. Formasi Personel mereka semula terdiri atas Adon Saptowo (Vokal), Sigit Wardana (Vokal), Christopher Bollemeyer (Gitar), Ardi “Aris” Isnandar (Gitar), Bambang “BS” Sutanto (Drum), Intan “Anya” Putri Werdiniadi (Keyboard) dan Ardhini “Sita” Citrasari (Bass).

Berawal dari kumpul-kumpul dan nge-jam, kemudian membentuk grup band ini, sekaligus membuat nama Base Jam. Ayah Sita yang kebetulan mengenal Harry Sabar kemudian mengantarkan mereka ‘belajar’ padanya.

Base Jam pertamakali teken kontrak dengan PT. Musica Studios, dan merilis album pertama, Bermimpi dan album kedua Rindu.

Berikutnya Base Jam mengalami krisis personel, Adnil Farsal dan Intan Putri Werdiniadi mengundurkan. Disusul kemudian Christopher “Coki” Bollemeyer yang menggantikan Adnil Farsal (Gitar) juga hengkang dan memutuskan bergabung dengan Netral.

 

6. Bragi

Bragi adalah grup band Indonesia yang digawangi oleh tiga bersaudara, yaitu Reinaldi Hutomo Wahab alias Aldi (piano, keyboard, vokal), Rendi Krisna alias Rendi (bas), Reza Ario Bima alias Echa (drum dan vokal), dan ditambah dengan Erwin Indrawan alias Erwin (gitar). Aldi, Rendi dan Echa adalah kakak beradik dari keluarga Dimas Wahab, mantan ketua ASIRI. Nama Bragi dipilih atas usulan Echa, setelah mereka lama berkutat mencari nama yang sesuai untuk grup musik mereka. Tanggal 30 Oktober 1996 juga dipilih sebagai hari lahir Bragi.

 

7. Lingua

melambung melalui single bila kuingat

 

8. Bening

Girl Band yang muncul pertama kali di Indonesia dengan para personil muda dan cantik

 

9. Jamrud

Jamrud adalah band cadas yang berasal dari Indonesia, pertama kali terbentuk pada tahun1989 di Cimahi, Jawa Barat dengan nama Jamrock. Jamrud sejak terbentuknya didepani oleh ‘Azis’ Mangasi Siagian (gitar) dan ‘Ricky’ Teddy (bass) dan dikenal sebagai grup musik yang sukses mengusung musik cadas sebagai musik populer di Indonesia pada tahun 90-an .

 

10. AB Three

Be3 (dibaca: Bi Tri) adalah kelompok vokal yang sebelumnya dikenal dengan sebutan AB Three (singkatan dari Antero Bagus Three). Kelompok vokal ini dimulai dengan bergabungnya tiga perempuan muda berusia belasan tahun. Widi (16 tahun), Nola (17 tahun) dan Lusy (18 tahun) adalah jebolan kontes menyanyi tingkat Asia, Asia Bagus. AB Three resmi terbentuk pada tanggal 13 Agustus 1993.

 

11. Wayang

Wayang merupakan sebuah grup musik asal Jakarta yang didirikan pada tahun 1995. Nama Wayang diambil dari inisial masing-maisng personel yakni Wahyu Adrianto, Ahmad Fauzi, Ramdan Wahyudi, dan Gilang Ariestya.

Album perdana Wayang dikeluarkan oleh BMG Indonesia/Musica Studios sebagai label pengedar pada 1997 dengan titel Damai. Selanjutnya Wayang hampir setiap tahun merilis album, Dongeng pada 1999, Transisi pada 2000, WYG di 2002, Dari Hati di 2003 yang saat itu masih bernaung dibawah bendera label BMG Indonesia. Dan album berikutnya adalah Belum Terlambat di rilis pada pertengahan 2005 dibawah label baru mereka yakni Sony BMG Indonesia atau gabungan dari BMG Indonesia dengan Sony Music Entertainment.

 

12. D.O.T

lewat single jangan-jangan, grup musik d.o.t mampu menyemarakkan dunia musik indonesia yang cukup familier di masa itu

 

13. M.E

terkenal lewat single “Inikah Cinta” membuat boyband yang digawangi 5 personil begitu digandrungi pada masa itu

 

14. P-Project

mengusung musik parodi membuat grup musik yang satu ini mempunyai tempat tersendiri di hati pencinta musik tanah air pada saat itu.

 

15. Trio Libels

Trio Libels adalah kelompok vokal yang digawangi oleh Ronny Sianturi, Edwin Manansang, dan Yani. Kelompok vokal ini mulai dikenal luas pada dekade tahun 1980an. Nama Libels berasal dari nama sekolah dari anggota Trio Libels, yaitu SMA Negeri 15 Jakarta yang disingkat menjadi Libels.

 

 

Bonus :

Manis Manja Grup

 

 

Gimana nostalgianya kali ini?

komen y kalo ada yang kurang..

 

dikutip dari berbagai sumber

 

Komentar
  1. Khairil Anshar mengatakan:

    Slank n Naff juga termsuk Band Jadul

  2. Khairil Anshar mengatakan:

    eit,zzz m’f bru ingt klu trxta ad Band yg Namax Padi, Sheila On7, Coklat, Boomerang,

    • ekobudisetiyawan mengatakan:

      hehehe.. iya Om…
      dan sebenernya masih ada lagi yg belum tercantum..
      tapi kebanyakan yg dicantumin di tulisan diatas tuh yg udah jarang eksis atau bahkan udah nggak eksis alias bubar.. (^_^)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s