1 Juli

Posted: 1 Juli 2012 in dunia saya

1 Juli adalah hari ke-182 (hari ke-183 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian.

Memang tanggal ini tak ubahnya seperti hari-hari biasa dalam kalender masehi. Namun kita juga tidak bisa memungkiri bahwa pada tanggal ini juga mempunyai keistimewaan dibandingkan tanggal-tanggal yang lainnya. Ya, tiap-tiap tanggal dalam 1 tahun kalender masehi masing-masing juga mempunyai peristiwa-peristiwa tersendiri yang membedakan tanggal itu dengan tanggal yang lain.

Dalam sejarahnya Bulan Juli mulanya bernama Quintilis dan aslinya terletak pada urutan kelima. Tetapi ketika Roma dikuasai oleh Mark Anthony nama bulan ini diubah menjadi Juli, diambil dari nama Julius Caesar sebagai penghormatan kepada Kaisar Romawi yang terkenal itu. Ketika terjadi penambahan dua bulan oleh Numa Pompilius dan pergeseran bulan oleh Julius Caesar maka bulan ini menjadi bulan ke tujuh, dan jumlah harinya pun ikut berubah menjadi 31 hari. Untuk menghormati Julis Caesar, nama bulan ini kemudian diubah menjadi Julius. Julius Caesar sendiri lahir pada tanggal 12 Juli.

Hari pertama bulan Juli dalam sejarahnya di dunia juga banyak mencatat peristiwa-peristiwa bersejarah di berbagai belahan dunia. Beberapa negara memproklamirkan kemerdekaannya pada tanggal ini seperti Kanada, Rwanda, dan Burundi. Peristiwa yang sering disebut Pertempuran Somme sebagai pertempuran terbesar dan paling berdarah pada Perang Dunia I antara Inggris dan Perancis melawan Jerman juga terjadi pada tanggal 1 Juli tepatnya pada tahun 1916. Pada tanggal ini pula juga lahir seorang ilmuwan dalam bidang matematika dan filsafat yakni Wilhelm Leibnitz yang memperoleh gelar doktor pada usia 20 tahun dengan karya terkenal “Natural of Law”.

Begitu juga di Indonesia, banyak peristiwa yang terabadikan pada awal bulan Juli ini seperti Hari Jadi Kota Medan dan yang paling diingat oleh seantero masyarakat Indonesia adalah tanggal hari lahirnya Bhayangkara Polisi pada tahun 1946. Peristiwa lain yang terjadi pada tanggal 1 Juli juga mencatat bahwa pada tahun 1953 menjadi hari lahirnya Bank Indonesia setelah berlakunya Undang-Undang (UU) Pokok Bank Indonesia. Artis serba bisa yang dimiliki oleh Indonesia juga lahir pada tanggal ini yakni sang superstar Agnes Monica pada tahun 1986

Dan pada tanggal ini pula 1 Juli tahun 1989 saya EKO BUDI SETIYAWAN juga memplokamirkan sebagai hari lahir. Hehehehe.. Alhamdulillah menjadi tanggal yang menjadi kebanggaan buat penulis sendiri yang telah tercantum dalam curriculum vitae (CV). And finally, happy birthday to me… Happy 23th years.. (^_^)

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s